Pages

Thursday, February 17, 2011

Cyberbully: Excuse Me....

Beberapa hari ini aku berhadapan dengan perilaku bullying dan cyberbully di tempat karya.
ada rasa sedih, kesal dan marah.
Sedih karena menyadari bahwa mereka yang melakukan adalah pribadi yang pada dasarnya baik, hanya karena ada yang tak terpenuhi maka mereka menjadi dan menjadikan diri mereka seperti predator emosi. Sedih karena ada pribadi-pribadi yang baik dan lembut yang dijadikan "makanan emosi" dari mereka yang melakukan bully. 
Kesal dan marah karena merasa tidak dapat melakukan apapun untuk menghentikan hal itu. 


Lalu tiba-tiba aku menerima pesan di kotab cbox saya. kalimat-kalimat pujian. selain itu ada satu kalimat yang dengan santun dan halus mengungkapkan keprihatinannya pada kemudahan auto prove yang saya letakan di di menu cbox. saya menjawab bahwa saya sadar akan hal itu dan mengambil resiko untuk membuka hal itu karena percaya bahwa pada dasarnya lebih banyak orang yang baik daripada sebaliknya.
Sehari setelah itu, saya terkejut. Cbox saya di bongkar orang. WAH! sedih juga. Marah? tidak. hanya prihatin. Tapi saya tetap bertahan dengan prinsip saya: bahwa PADA DASARNYA SEMUA ORANG BAIK. saya tidak tertarik untuk mengubah prinsip saya itu.

Saya pun berproses dengan perasaan yang bergolak dalam hati. Rasa terindas, rasa dikuasai, rasa tertolak dan semuanya itu menjadi kumpulan kesedihan yang menggumpal dan menyumbat kebahagiaan saya.
saya biarkan. saya amati. saya rasakan.
setelah itu saya berkata: terima kasih untuk pengalaman ini. 
Saya jadi semakin memahami apa yang dirasakan oleh orang-orang baik dan lembut yang diperlakukan tidak semestinya. 

Lalu saya ucapkan: sekarang saya mau tumbuh.
jadi, excuse me....
Silahkan saja memporak-porandakan blog saya, tetapi itu tidak akan memporak-porandakan hidup saya.
Boleh saja menghancurkan tulisan dan apapun yang ada di internet bahkan menggantikannya dengan hal-hal yang buruk; tapi itu tak ada membuat saya jadi buruk.
 Aku tetap menjadi diriku yang sejati yaitu aku yang sempurna dan utuh. Gembira dan berani menghadapi tantangan hidup... termasuk cyberbully he..he..he...

0 comments:

Post a Comment

be nice, be wise, be you

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More